Moderasi Beragama

Pembinaan Moderasi Agama Guru, Penyuluh Khonghucu di Kota Jambi

MB pada Guru/Penyuluh/Ormas Khonghucu

Jambi (Kemenag) -- Pusat Bimbingan dan Pendidikan Sekjen Kemenag R.I. sukses menggelar acara pembinaan moderasi beragama di Kota Jambi dari tanggal 07 sampai tanggal 09 Juli 2023.

Acara tersebut di buka oleh Kepala Pusat Khonghucu, Dr. Susari,. MA., disampaikan bahwa "salah satu program unggulan Pusbimdik Khonghucu adalah Moderasi Beragama, hal ini sejalan dengan program Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN)  tahun 2020 sd 2024.

"Program Moderasi Beragama pada Pusbimdik di tahun ini, diproritaskan di kantong-kantong yang banyak umat Khonghucu di Indonesia," tuturnya.

Narasumber dari Kelompok Kerja Moderasi Beragama.
 yaitu, Ws. Liem Liliany Lontoh., SE. M.Ag. dan Dr. Muhammad Khoirul Anwar, M.Ag., memberikan materi Moderasi Beragama diantaranya; Konsep Moderasi Beragama, Analisis Gunung ES, Wawasan Kebangsaan juga membahas Sembilan Kata Kunci Moderasi Agama Perpektif Khonghucu, Kepemimpinan, dan Kepeloporan.

Ws. Sugiandi Surya Atmaja., S.Kom, M.Ag. Selaku ketua panitia menyampaikan bahwa, peserta pada kegiatan ini bukan hanya dari Khonghucu, namun melibatkan agama lain dari perwakilan Kanwil Kemenag Prov Jambi, Kota Jambi, Kab. Tanjung Jabung Barat dan FKUB Provinsi Jambi dll.

Selanjutnya dikatakan bahwa "Moderasi Agama dalam ajaran Khonghucu seperti konsep Yin-Yang, tidak boleh extrem Yin atau Yang, namun dapat hidup atau bergerak fleksibel diantara keduanya. Hidup harmonis dalam perbedaan, bersikap Satya dan Tepasalira. Seperti Nabi Kongzi Sabdakan, '..Apa yang diri sendiri tiada tiada inginkan janganlah diberikan kepada orang lain.."(Lun Yi Jilid XII:2.(Sugiandi)


Berita LAINNYA