MATAKIN

Sinergitas Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu dengan MATAKIN dalam Mursyawarah Kerja Dewan Rohani

Source: Doc Pribadi

Sentul, Jumat 7 April 2023 – Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu bekerja sama dengan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) menggelar Musyawarah Kerja Dewan Rohaniwan (Muker Deroh) pada tanggal 7 April sampai 9 April 2023 di Darmawan Parak, Jl. Babakan Madang, Sentul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini mengusung tema melakukan hormat tanpa kesusilaan, akan menjadikan orang repot. Pada kesempatan ini ketua acara Ws. Sunarta Hidayat menjelaskan maksud dari tujuan Muker Deroh ini ialah, “Dunia terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, perubahan merupakan keniscayaan kita umat Khonghucu wajib mengimani akan hal ini karena terkait perubahan tersurat dan tersirat di dalam kitab Yijing, salah satu kitab yang kita imani. Oleh karena itu, kita wajib mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan itu karena kalau kita tidak beradaptasi dengan perubahan maka kita akan tertinggal bahkan kita akan tergerus dengan perubahan sendiri.” Di dalam Muker Deroh ini akan dilakukan upayah transformasi yang mungkin dianggap tidak relevan lagi.

Muker Deroh dihadiri sebanyak 80 peserta yang terdiri dari para rohaniwan tingkat Xueshi, Wenshi, dan Jiaosheng serta beberapa perwakilan Ketua MAKIN se-Indonesia. Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu Dr. H. Susari, MA didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Suparno, ST, MH dan para staf Pusbimdik Khonghucu yang terdiri dari Ws. Sugiandi Surya Atmaja, Ws. Lie Suprijadi, Js. Yugi Yunardi, Js. Aldi Destian Satya, Dq. Desdiandi, Abidin, Widiyati Erningtyas, Achmad Hidayatullah, Sri Nuryani, Khoirun Nisa, dan Aziz. Kemudian, beberapa jajaran Matakin mulai dari  Xs. Budi Santoso Tanuwibowo, Ws. Chandra Setiawan, Ws. Sunarta Hidayat, Peter Lesmana, Xs. Eka Wijaya, Xs. Tan Im Yang, dan beberapa pengurus pusat lainnya.

Ketua Umum Matakin Xs. Budi Santoso Tanuwibowo menyampaikan pesan dalam sambutannya yang menjadi agenda selama acara Muker Deroh ini, yaitu:

“Kita harus selalu berpikir untuk maju ke depan, tanpa melupakan intisari dari laku bakti (kesusilaan) karena itu tetap harus dipegang teguh hanya aplikasinya harus sesuai perkembangan zaman.

Menerbitkan buku yang menjadi standar untuk menjadi pegangan bagi seluruh umat Khonghucu.”

Hasil dari keputusan ini diharapkan dapat melibatkan banyak aspirasi dari bawah agar dapat titik temu dan mendapatkan hasil optimal.

Selanjutnya, Kepala Pusbimdik Khonghucu Dr. H. Susari, MA memberikan sambutan dalam rangka bimbingan masyarakat Khonghucu yang diharapkan menghasilkan keputusan yang dapat menjadi acuan bagi umat Khonghucu. Sehingga Pusbimdik dapat menindaklanjuti dalam bentuk program-program. Pusbimdik Khonghucu dalam Peraturan Menteri Agama No 72 Tahun 2022 merupakan unsur pendukung pelaksanaan tugas Kementerian Agama yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Pusbimdik Khonghucu mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standardisasi dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang bimbingan masyarakat dan pendidikan Khonghucu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Visi Pusbimdik Khonghucu menjadi pelayan prima dan pengayom umat. Oleh sebab itu, Pusbimdik Khonghucu selalu berupayah memberikan layanan terbaik untuk umat Khonghucu melalui program-program strategis  yang telah disusun, di antaranya:

  1. Terbentuknya PTKN (Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri) Khonghucu
  2. Terlatihnya Rohaniwan Khonghucu
  3. Terlatihnya Organisasi Masyarakat Khonghucu
  4. Terlatihnya Guru Agama Khonghucu
  5. Terlatihnya Penyuluh Agama Khonghucu
  6. Bimbingan Teknis (Bimtek) Bimbingan Perkawinan (Bimwin)
  7. Digitalisasi Pendaftaran Rumah Ibadah dan Organisasi Masyarakat (Ormas) melalui Aplikasi Data Informasi Umat Khonghucu (Daicu)
  8. Pemberian Beasiswa 19 Orang (S-1 Pendidikan Agama Khonghucu)
  9. Updating Web khonghucu.kemenag.go.id 
  10. Kontribusi Media melalui email: pusatbimdik.khonghucu@gmail.com
  11. Integrasi Aplikasi PUSAKA KEMENAG
  12. Bantuan Biokong, Rehab Klenteng, Bantuan Klenteng Ramah Disabilitas, Bantuan Klenteng Ramah Anak

Dalam rangka Muker Deroh Kepala Pusbimdik Khonghucu juga menyampaikan akan mencetak kitab Sishu sebanyak 1.000 kitab dan termasuk buku Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin Khonghucu. Selanjutnya, Kepala Pusbimdik Khonghucu membuka acara dengan memukul gong didampingi oleh Ketua Umum Matakin berserta jajaran. Kegiatan Muker Deroh masih sedang berlangsung sampai dengan hari Minggu, 9 April 2023 yang diharapkan dapat berjalan lancar dan mendapatkan keputusan sebaik-baiknya.


Berita LAINNYA